Asal Mula Manusia Dan Masyarakat Manusia Purba

Ikhtisar
  • Homo sapiens berevolusi dari pendahulunya yang hominid awal sekitar 200.000 tahun yang lalu dan mengembangkan kapasitas untuk bahasa sekitar 50.000 tahun yang lalu.
  • Dari Afrika, tempat kelahiran manusia, orang mulai mengisi daratan lainnya mulai sekitar 100.000 tahun yang lalu.
  • Manusia adalah satu-satunya spesies yang diketahui telah berhasil dihuni dan disesuaikan dengan berbagai wilayah daratan di seluruh dunia, yang mengakibatkan dampak historis dan lingkungan yang mendalam.

Dimana kita mulai

Sebelum kita menceritakan kisah-kisah yang membentuk sejarah dunia, ada baiknya bertanya:

Dari mana kita memulai?
Dari mana cerita manusia kita dimulai? Berdasarkan bukti arkeologi dan antropologis, Homo sapiens adalah bagian dari kelompok yang disebut hominid, yaitu primata yang menyimpang dari primata lain di antara 3 dan 6 juta tahun yang lalu di Afrika bagian timur dan selatan. Meskipun ada keragaman di antara keluarga hominid, mereka memiliki sifat bipedalisme, atau kemampuan untuk berjalan tegak dengan dua kaki.


Evolusi

Para ilmuwan memiliki beberapa teori tentang mengapa hominid awal berevolusi. Satu, hipotesis kegemaran , menunjukkan bahwa hominid awal lebih sesuai untuk iklim kering dan berevolusi saat daerah pengeringan kering di Afrika berkembang. Demikian pula, menurut hipotesis sabana, hominid rumahan awal pohon mungkin telah didorong keluar dari rumah mereka karena kawasan hutan menyusut dan ukuran padang rumput berkembang, menyebabkan mereka beradaptasi dengan hidup di lapangan dan berjalan tegak, bukan mendaki.

Hominid terus berkembang dan mengembangkan karakteristik unik. Kapasitas otak mereka meningkat, dan sekitar 2,3 juta tahun yang lalu, hominid yang dikenal sebagai Homo habilis mulai membuat dan menggunakan alat sederhana. Sejuta tahun yang lalu, beberapa spesies hominid, terutama Homo erectus, mulai bermigrasi keluar dari Afrika dan memasuki Eurasia, di mana mereka mulai membuat kemajuan lain seperti mengendalikan api.

Asal Mula Manusia Dan Masyarakat Manusia Purba
Tengkorak Homo habilis. Gambar milik Wikimedia commons

Asal Mula Manusia Dan Masyarakat Manusia Purba
Tengkorak Homo erectus. Gambar milik Wikimedia Commons.

Meskipun pernah ada banyak jenis hominid, hanya satu yang tersisa: Homo sapiens. Kepunahan adalah bagian normal dari evolusi, dan ilmuwan terus berteori mengapa spesies hominid lainnya tidak bertahan; Mereka menemukan bukti baru setiap hari, dan ilmuwan dan ilmuwan sosial terus menyempurnakan teori asal usul manusia sebagai tanggapan. Kami memiliki beberapa petunjuk mengapa beberapa spesies kurang berhasil bertahan daripada yang lain, seperti ketidakmampuan untuk mengatasi persaingan makanan, perubahan iklim, dan letusan gunung berapi. Tapi sejarah kita sekarang bukanlah sejarah Homo naledi atau Homo neanderthalensis, yang sekarang sudah lama berlalu. Sejarah kita adalah sejarah Homo sapiens, yang muncul lebih dari 200.000 tahun yang lalu dan telah menyesuaikan diri dengan hampir semua lingkungan di Bumi yang dapat dihuni mamalia.


Migrasi dan Peopling Bumi

Bagaimana dan mengapa?

Lebih dari seratus ribu tahun yang lalu, Homo sapiens mulai bermigrasi dari benua Afrika dan menempati sebagian wilayah Eropa dan Asia. Mereka sampai di benua Australia di kano 35.000 tahun yang lalu, dan Amerika sekitar 13.000 tahun yang lalu. Pelayaran ini membutuhkan tingkat kecerdasan dan ketahanan yang tinggi, namun juga memiliki efek mendalam pada spesies dan dunia lainnya.

Bagaimana nenek moyang kita mampu mencapai prestasi ini, dan mengapa mereka membuat keputusan untuk meninggalkan rumah mereka? Perkembangan bahasa memungkinkan orang membuat rencana, memecahkan masalah, dan mengatur secara efektif. Kita tidak bisa memastikan alasan pastinya manusia pertama kali bermigrasi dari benua Afrika, tapi kemungkinan berkorelasi dengan penipisan sumber daya (seperti makanan) di wilayah mereka dan persaingan untuk sumber daya tersebut. Begitu manusia mampu mengkomunikasikan masalah ini dan membuat rencana, mereka bisa menilai bersama apakah tekanan di rumah mereka saat ini melebihi risiko untuk meninggalkan yang baru. Kemampuan untuk berjalan tegak dan memanipulasi api dan alat juga penting bagi keberhasilan mereka dalam memanjat bumi.


Teori migrasi

Asal Mula Manusia Dan Masyarakat Manusia Purba
Penyebaran Homo sapiens. Gambar milik Wikimedia Commons.

Peta dunia menunjukkan penyebaran Homo sapiens ke seluruh bumi dari waktu ke waktu. Homo sapiens tercermin dengan panah merah (ditampilkan di seluruh dunia dari waktu ke waktu), Neandertalere tercermin dalam warna kuning di Eropa dan Timur Tengah saat ini, dan "manusia purba" terwakili dalam warna hijau di Afrika, Asia Selatan, dan Asia Tenggara.

Berdasarkan bukti arkeologi, studi geografis, dan tradisi lisan, para ilmuwan telah belajar tentang bagaimana orang bermigrasi ke berbagai benua. Sekitar 50.000 tahun yang lalu, orang-orang bermigrasi ke utara dari Fertile Crescent (Mesopotamia) ke Eropa modern melalui Selat Bosphorus di Turki modern. Dari sana, kelompok-kelompok bermigrasi ke timur ke Asia dan lebih jauh ke barat di Eropa. Di Australia, tradisi lisan yang menggambarkan kedatangan pertama telah bertahan 35.000 tahun di antara orang-orang Aborigin.

Ilmuwan yang mempelajari massa dan iklim tahu bahwa Era Es Pleistocene menciptakan jembatan darat yang menghubungkan Asia dan Amerika Utara (Alaska) lebih dari 13.000 tahun yang lalu. Sebuah teori migrasi yang diterima secara luas adalah bahwa orang-orang melintasi jembatan darat ini dan akhirnya bermigrasi ke Amerika Utara dan Selatan.

Satu kerutan dengan teori migrasi manusia awal adalah kurangnya catatan sejarah tertulis. Namun, para ilmuwan dapat membuat tebakan terdidik berdasarkan pada mempelajari sejarah fosil dan artefak penambang karbon di Bumi. Misalnya, pada tahun 1930an, arkeolog menemukan titik tombak di New Mexico dan mampu menyetor karbon usia mereka hingga lebih dari 13.000 tahun yang lalu. Titik tombak ini hampir identik dengan titik tombak yang ditemukan di Beringia, daerah dekat bekas jembatan tanah Bering yang menghubungkan Asia dan Amerika Utara. Temuan ini mengungkapkan bahwa nenek moyang orang-orang yang melintasi jembatan tanah Bering berhasil mencapai apa yang saat ini menjadi bagian selatan Amerika Serikat. Namun, ini tidak menutup kemungkinan bahwa manusia purba mungkin telah mengakses Amerika melalui rute yang berbeda disamping jembatan darat.


Adaptasi dan efek pada alam

Manusia yang selamat dari migrasi memiliki kemampuan luar biasa untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Bagaimana mereka mencapai hal ini? Ketika manusia bermigrasi dari Afrika ke iklim yang lebih dingin, mereka membuat pakaian dari kulit hewan dan membuat api agar tetap hangat; Seringkali, mereka membakar api terus-menerus sepanjang musim dingin. Senjata canggih, seperti tombak dan busur dan panah, memungkinkan mereka membunuh mamalia besar secara efisien. Seiring dengan perubahan iklim, metode berburu ini menyebabkan kepunahan mamalia darat raksasa seperti mammoth, kanguru raksasa, dan mastodons. Lebih sedikit mamalia raksasa, pada gilirannya, mangsa pemburu terbatas yang tersedia.

Selain memburu hewan dan membunuh mereka dari pembelaan diri, manusia mulai menggunakan sumber daya bumi dengan cara baru saat mereka membangun permukiman semi permanen. Manusia mulai bergeser dari gaya hidup nomaden ke rumah tetap, menggunakan sumber daya alam di sana. Permukiman semi permanen akan menjadi blok bangunan masyarakat mapan dan pengembangan praktik pertanian.


Apa yang Kamu pikirkan?

Menurut Anda mengapa Homo sapiens adalah satu-satunya spesies manusia yang masih hidup?

Efek apa menurut Anda lingkungan terhadap evolusi manusia?
Efek apa evolusi manusia terhadap lingkungan?
Keterampilan apa yang dibutuhkan spesies manusia untuk mengisi Bumi?

12 Tanggapan untuk "Asal Mula Manusia Dan Masyarakat Manusia Purba"
  1. terimakasih gan, jadi nambah wawasan :D

    BalasHapus
  2. ternyata begitu asal mulanya

    BalasHapus
  3. Artikelnya Lengkap dan jelas, pertahankan mas

    BalasHapus
  4. Terima kasih telah berkunjung, klw berkenan berikan vote seikhlasnya.

    BalasHapus
  5. jadi ke ingat pelajaran SMP , mantap info nya

    BalasHapus
  6. mantabb gan mirip pelajaran IPS waktu SMP saya nih hahaha ijin bookmark yak gan

    BalasHapus
  7. Keren banget nih.. Jadi tahu saya..

    BalasHapus
  8. ini pelajaran smp btw saya lupa kita temasuk homo kan? wkwkkw

    BalasHapus
  9. Evolusi manusia ribet juga ya. Tapi kenayang deh, kalau spesies manusia masih yang dulu, mungkin cantiknya cewek beda banged kali ya..hrheh
    Thanks infonya.

    BalasHapus
  10. Sama dengan apa yang saya pelajari dari smp sampai sma gan

    BalasHapus
  11. Teringat pelajaran sejarah dulu, hehehe. Ntaps gan

    BalasHapus
  12. Memambah wawasan nih infonya

    BalasHapus

Jangan menggunakan komentar Anonymous

Newer Page Older Page

Contact | Disclaimer | Privacy

Terakhir diakses

Hak Cipta © 2010 - Geugle.net